Minggu, 22 Juni 2014

ANGGOTA YONKES 1/1 KOSTRAD MELAKSANAKAN LATIHAN MENEMBAK TW. II TA.2014





Menembak adalah Kemampuan mutlak yang harus dimiliki oleh setiap Prajurit TNI” Hal ini dibuktikan oleh Prajurit Yonkes 1/1 kostrad yang melaksanakan Kegiatan Latihan Menembak Senjata Ringan Triwulan ll TA.2014 yang dipimpin langsung oleh Wakil Komandan Batalyon Kesehatan 1/1 Kostrad Mayor Ckm Janus Lazuardi,A.Md, Bertempat di lapangan tembak Mahub Kostrad. Kamis (19/06).

 Latihan menembak ini menggunakan senjata jenis SS1-V1 Pindad untuk laras panjang dengan jarak 100 meter dilakukan 3 sikap yaitu sikap berdiri, tiarap dan sikap duduk dan menembak Pistol  dengan jarak 20 meter sikap berdiri dengan dua tangan. Tujuan dari latihan menembak senjata ringan adalah untuk meningkatkan kemampuan menembak senjata laras panjang dan pistol untuk tingkat perorangan sesuai TOP/DSPP yang berlaku. Dalam latihan menembak ini anggota diharuskan dapat memahami dibidang  pengetahuan  tehnik dan taktik menembak  tentang  karakteristik  Senapan SS1-V1 dan dasar menembak.

Sasaran yang ingin dicapai dalam latihan menembak ini Prajurit Yonkes 1/1 Kostrad dituntut mampu menembak senapan dengan nilai minimal, perkenaan munisi di lesan 80% dan akumulasi nilai perkenaan munisi di lesan 70%. Untuk Perwira mampu menembak Pistol dengan nilai minimal, perkenaan munisi di lesan 80% dan akmulasi nilai perkenaan munisi di lesan 70%. Selain itu para Prajurit juga dituntut harus mampu mengatasi permasalahan tehnis menembak di Lapangan dengan Cepat, Tepat dan Benar.




Kemahiran dalam menembak tetap harus dikuasai oleh seorang Prajurit Yonkes 1/1 Kostrad dan bukan hanya mahir dalam menembak dalam tulisan. Sebelum melaksanakan menembak dengan munisi tajam maka didahului dengan drill kering/acu bidik, tembakan pengelompokan dan tembakan penilaian. Wadan Yonkes 1/1 Kostrad dalam arahannya menyampaikan bahwa dalam latihan menembak ini utamakan faktor keamanan jika terjadi kendala pada saat latihan segera laporkan kepada agar segera dapat diatasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar