Jumat, 21 Desember 2012

ARTI LAMBANG YONKES 1/1 KOSTRAD

Batalyon Kesehatan 1 Divisi Infanteri 1 Kostrad (Yonkes 1/1 Kostrad) memiliki tunggul dengan nama "YUDHA KRIDA HUSADA" yang didalamnya terdapat gambar antara lain :

a.            Bintang segi lima yang melambangkan keluhuran, cita-cita yang tinggi dan ketuhanan. Gambar ini memiliki makna bahwa dalam setiap panugasan dan kehidupan prajurit Batalyon Kesehatan selalu mengupayakan pencapaian hasil yang terbaik melalui usaha-usaha yang luhur dan dilandasi dengan keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

b.            Daun Sambiloto merupakan daun obat tradisional yang sudah dikenal sejak dahulu kala seperti tertulis dalam epos Ramayana dan dikenal sebagai obat segalam macam penyakit, daun ini memiliki makna bahwa Batalyon Kesehatan memiliki tugas mampu mengobati segala macam penyakit.

c.             Caduceus atau gambar ular melilit tongkat merupakan lambang kesehatan/kedokteran yang diambil dari zaman Yunani kuno yang berarti dalam setiap melakukan kegiatan pengobatan selalu memegang teguh kode etik dalam kehormatan.

d.            Daun Pakis yang melingkari gambar Caduceus, daun sambilata dan bintang. Daun pakis memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi terhadap cuaca dan medan sehingga memiliki kemampuan hidup yang tinggi dimanapun. Lambang ini memiliki makna bahwa Batalyon Kesehatan mampu beradaptasi dan melaksanakan tugas dimanapun dan kapanpun.

e.            Angka Satu memiliki makna sebagai Batalyon Kesehatan yang pertama di jajaran TNI AD.

f.             Sloka dengan bahasa Sansekerta yang berbunyi "YUDHA KRIDA HUSADA" memiliki arti segala usaha kesehatan untuk pasukan di medan perang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar