Selasa, 26 Februari 2013

YONKES 1 KOSTRAD OJT DI RS SENTRA MEDIKA CIBINONG


Guna meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan personel, Yonkes 1/1 Kostrad melaksanakan On the Job Training (OJT) di Rumah Sakit Sentra Medika Cibinong. OJT dilaksanakan di bagian Instalsi Gawat Darurat (IGD) RS Sentra Medika Cibinong mulai tanggal 2 Januari 2013.
“Selain latihan program rutin dan latihan dalam satuan yang telah dilaksanakan, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk  memelihara bahkan meningkatkan kemampuan teknis medis personel Yonkes 1/1 Kostrad dihadapkan dengan tugas pokok dan fungsi Yonkes itu sendiri. Selain itu, OJT juga berguna untuk membiasakan personel pada situasi dan sikap kerja sebagai pemberi pelayanan kesehatan serta  menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu kesehatan yang selalu berkembang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan lainnya” . Demikian dikatakan Danyonkes 1/1 Kostrad.
IGD adalah salah satu bagian dari rumah sakit yang menyediakan penanganan awal bagi pasien yang menderita sakit dan cedera, yang dapat mengancam kelangsungan hidupnya. IGD merupakan tempat menangani pasien yang memiliki penyakit yang cukup parah sehingga perlu dilakukan penanganan secara cepat dan tepat. Di sinilah banyak dilakukan tindakan medis awal yang vital dalam kelangsungan hidup pasien sehingga sesuai sebagai tempat OJT personel kesehatan guna meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan teknis medisnya.
Dengan kegiatan OJT di IGD RS Sentra Medika personel Yonkes dapat belajar dan mempraktekan tindakan-tindakan yang diperlukan dalam penanganan pasien gawat darurat seperti pemasangan infus, menjahit luka, penanganan perdarahan, penanganan shock, maupun pembedahan ringan. Dihadapakan kepada personel nyata bahwa personel Yonkes 1/1 Kostrad tidak semuanya personel medis dan paramedis (dokter, perawat, akademi perawar, analis, farmasi), tetapi sebagian besar adalah non medis/paramedis seperti dari infanteri maupun Takeslap (tamtama kesehatan lapangan), OJT ini tentunya sangat menguntungkan bagi satuan Yonkes mengingat tugas pokoknya adalah memberikan dukungan kesehatan bagi Divisi Infanteri Kostrad. Guna melaksanakan tugas pokok ini tentunya harus mempunyai personel-personel yang mahir dan profesional dalam teknis medis. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar